wallup.net

Media Pembelajaran

Recommended by 37 people
. in Tutorial . 2 min read
Recommended by 37 people

IT hadir untuk memudahkan bukan untuk menyulitkan. Bila menyulitkan, berarti ada yang perlu dievaluasi kembali. IT dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, diantaranya sebagai media pembelajaran. Di tulisan kali ini muchad berbagi materi Media Pembelajaran Berbasis IT yang telah beberapa kali muchad presentasikan di berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah. Semoga materi berikut juga bermanfaat untuk para pembaca sekalian, menjadikan belajar semakin menyenangkan dan dapat turut meningkatkan mutu pendidikan di negara kita.

Berikut untuk slide materinya:

Slide Media Pembelajaran Berbasis IT

Berikut link bot Telegram di materi pertama (Bot)

Muadzin Bot (Bot Jadwal Sholat dan pengingat waktu sholat)

t.me/muadzinbot

Bacakubot (Bot untuk ekstrak teks dari gambar atau foto)

t.me/bacakubot

Bot-bot tersebut muchad develop di saat senggang. Saat ini Bot Telegram telah dimanfaatkan di berbagai bidang, muchad menjumpai ada juga workshop tentang pembuatan bot Telegram sebagai media pembelajaran. Untuk bagaimana cara membuat bot Telegram, semoga muchad ke depan ada kesempatan untuk membahasnya.

Berikut link contoh aplikasi pada materi kedua (Apps)

Photomath

Periodic Table 2020

Anatomy Learning

Physics Pro 2020

Aplikasi-aplikasi tersebut hanyalah contoh, silakan gunakan aplikasi lain yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

Berikut link contoh aplikasi Augmented Reality beserta link download kartu pada materi ketiga (Virtual)

Aplikasi Space 4D+

Flashcard Space 4D+

Aplikasi Humanoid 4D+

Flashcard Humanoid 4D+

Aplikasi tersebut hanyalah contoh, teman-teman bisa mencari aplikasi lain yang lebih sesuai. Semoga berikutnya muchad berkesempatan untuk membahas tentang bagaimana membuat augmented reality sendiri.

Di slide sebelum akhir, muchad menambahkan tentang peta ilmu yang disusun oleh Dominic Walliman. Semoga membantu untuk mempermudah belajar, bisa juga dicetak untuk digunakan di sekolah atau madrasah.

Peta Ilmu

Terimakasih sekali atas kepercayaan dari Direktorat KSKK Madrasah dan terimakasih juga ke seluruh tim yang mensupport kegiatan-kegiatan ini, termasuk Tim PTIPD yang luar biasa. Mohon maaf teman-teman bila ada yang kurang, sebagian besar penyusunan materi-materi ini muchad susun di ruang tunggu bandara sebagiannya sambil riwa-riwi menuntaskan pekerjaan di kantor. Terimakasih semoga bermanfaat.



Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *