UBAH ICON START MENU WINDOWS 7

Recommended by 5 people
muchad
Recommended by 5 people

Semalam teman-teman DuaTiga pada penasaran, pas pake laptop muchad kok ada yang aneh. Icon start menu yang ada di pojok kiri bawah itu kok ga biasa. Ya kebetulan kemarin gi libur so sempat utek-utek Windows Seven yang malamnya baru saja muchad install. Sebelumnya pakai Vista tapi dah boring akhirnya ganti Seven lagi, karena pengen punya cita rasa yang beda dan untuk memotivasi teman-teman DuaTiga akhirnya muchad sempetin sebentar buat konfigurasi Seven dengan sesuatu yang mengoda iman he..2x.

Inilah satu-satunya cara yang bisa memaksa teman-teman DuaTiga yang notabenenya anak-anak Bahasa untuk belajar komputer, yaitu dengan diiming-imingi he..2x. Dengan cara ini pula mereka dah biasa terbang ke mana-mana menjadi tutor komputer, alhamdulillah : )

Nach ni caranya buat mengubah icon Seven sesuai dengan logo yang kita mau. Di sini muchad menggunakan logo muchad. Ada beberapa cara untuk mengubahnya, yang pertama dengan langkah yang agak sulit.

Cara Pertama (Agak sulit..sebaiknya langsung gunakan Cara Kedua)
Download software Reshack atau Reshacker, ketik aja di google..ada banyak kok. Software ini bagus untuk teman-teman yang pengen utek-utek jeroannya file *.exe, beberapa aplikasi trial bisa kita susupi juga pake software ini so bisa free tapi muchad tidak menganjurkan pembajakan (peace..).

Langkah selanjutnya:

1. Klik kanan folder Windows yang ada di C:Windows
pilih Take Ownership.

2. Buka file explorer.exe yang ada di C:Windowsexplorer.exe menggunakan software Reshacker.

3. Pada tree di sebelah kiri pilih folder Bitmap

4. Gambar yang perlu kita ganti adalah gambar di folder 6806, 6807, 6808 caranya dengan buka gambar tersebut lalu pilih menu Action > Replace Bitmap dan ganti dengan gambar Anda sendiri (biar mantap gambarnya harus pas)

5. Jadi dech, Save file explorer.exe ini di desktop dulu, ubah explorer.exe di C:Windowsexplorer.exe menjadi explorer.exe.bak. NI buat back-up n jaga-jaga kalo nanti pengen ganti ke logo Seven yang semula atau ada error. Kalo udah, copy-paste file explorer.exe kita ke C:Windows.

Cara Kedua

Thanks to Kishan Bagaria yang dah bikin software simpel buat ubah icon Start Menu, teman-teman bisa langsung download di

[Download not found]

Cara pakainya mudah, seusai download langsung ekstrak aja. Nach di situ sudah ada software dan beberapa contoh icon yang bisa dipakai. Untuk menjalankan softwarenya klik kanan dan klik Run as administrator.

Pilih Select & Change Start Button untuk menganti dengan icon yang lain. Bila pengen kembali ke icon bawaan Windows klik Restore Original Explorer Backup. Mudah kan?! Met mencoba..

Dasar muchad..dah da softwarenya buat ngubah masih pake cara yang njelimet huff..
Peace rek, ini dalam rangka untuk menguatkan daya riset teman-teman DuaTiga. Kalo dah biasa pake Reshacker buat bongkar-bongkar aplikasi pasti ntar ketagihan he..2x.

Met belajar moga manfaat.