TRIK MEMPARTISI HARD DISK PADA WINDOWS VISTA

Recommended by 58 people
. in Tutorial . 8 min read
Recommended by 58 people
1.1 Latar Belakang
Teknologi berkembang sangat cepat, perlahan namun pasti sedikit demi sedikit barang yang telah ada diganti dengan barang yang serupa namun dengan perbaikan dan pengembangan yang lebih bisa memenuhi kebutuhan manusia yang tak pernah berhenti tapi terus bertambah. Di antara peralatan yang paling cepat berevolusi adalah komputer, sebuah alat yang selalu berinteraksi dengan manusia. Setiap hari ada ratusan software yang dirilis, bahkan ada ratusan penemuan yang dipatenkan setiap detiknya.
Microsoft adalah salah satu industri besar dalam dunia perkomputeran yang seolah menjadi kiblat perkembangan komputer saat ini. Gerakannya selalu diikuti oleh vendor-vendor komputer yang lain. Pada tahun 2007, perusahaan yang berpusat di Amerika ini merilis sistem operasinya (Operating System) yang terbaru sebagai kelanjutan serial Windows-nya, yang dijuluki Windows Vista™.
Sudah menjadi lumrah ketika seseorang mengalami kesulitan ketika mengoperasikan sebuah barang baru. Hal ini pula yang dialami masyarakat internasional ketika berhadapan dengan Windows Vista. Berbeda dengan versi Windows sebelumnya, karena termasuk software baru maka banyak software lain yang belum mendukung (support) dengan versi Windows yang satu ini. Di antara masalah tersebut adalah mempartisi hard disk, sebuah langkah yang cukup penting dalam pengoperasian komputer. Bila pada Windows versi sebelumnya cukup dengan software partisi maka pada Windows Vista software-software tersebut tak berkutik. Makalah ini membahas trik mudah untuk mempartisi hard disk pada Windows Vista.

1.2 Masalah
Masalah yang dibahas dalam makalah ini dirumuskan sebagai berikut:
1.    Apakah partisi itu?
2.    Apakah hard disk itu?
3.    Apakah Windows Vista itu?
4.    Bagaimanakah cara mempartisi hard disk pada Windows Vista itu?
1.3 Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini untuk:
1.    Mengetahui apa itu partisi.
2.    Mengetahui apa itu hard disk.
3.    Mengetahui apa itu WindowsVista.
4.    Mengetahui langkah-langkah mempartisi hard disk pada Windows Vista.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Partisi
Partisi atau yang biasa disebut volume adalah sebuah area pada hard disk yang bisa diformat dengan file system dan diidentifikasi dengan sebuah huruf alfabet. Contoh, drive C pada sebagian besar komputer Windows merupakan salah satu bentuk partisi.
Suatu hard disk perlu dipartisi dan diformat sebelum dimasukkan data ke dalamnya.  Kebanyakan komputer dipartisi menjadi satu partisi yang berarti sama dengan ukuran (size) hard disk. Mempartisi hard disk ke beberapa partisi kecil sebenarnya tidak diperlukan, tapi hal tersebut akan bermanfaat untuk mengorganisir data pada suatu hard disk. Beberapa pengguna komputer lebih suka memisah partisi untuk file-file sistem operasi, program, dan data pribadi.
Pada partisi biasa dikenal istilah primary partition, partisi yang bisa digunakan untuk menjalankan sistem operasi dan extended partition yang bisa diisi dengan satu atau lebih logical drive yang mana bisa berfungsi seperti primary partition namun tidak bisa untuk menjalankan sistem operasi.

2.2 Pengertian Hard disk
Hard disk adalah alat penyimpanan utama yang terletak dalam sebuah komputer. Hard disk biasa disebut juga hard drive atau hard disk drive, tempat dimana file-file dan program biasa disimpan.

2.3 Pengertian Windows Vista
    Windows Vista™ adalah sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft Corporation dan dirilis pada awal tahun 2007. Vista memiliki tampilan yang lebih bagus dan cukup berbeda dibanding dengan Windows-Windows sebelumnya. Vista terdiri dari 4 versi: Windows Vista Home Basic, Windows Vista Home Premium, Windows Vista Business, dan Windows Vista Ultimate.
2.4 Langkah-Langkah Mempartisi Hard disk pada Windows Vista
    Jika menjelajahi fitur-fitur pada Windows Vista lebih jauh, ternyata banyak kelebihan yang unik di dalamnya. Salah satu kelebihan Windows Vista adalah tidak memerlukan software partisi lain seperti versi Windows sebelumnya. Ada sebuah fitur pada Vista yang berfungsi untuk mempartisi hard disk, hal ini akan mempermudah para pengguna untuk lebih leluasa mempartisi hard disknya. Namun, kelebihan Vista yang satu ini banyak pengguna yang belum memanfaatkannya, di sini akan disebutkan langkah-langkah untuk mempartisi hard disk.
    Fasilitas Vista untuk membuat partisi terletak pada Disk Management, saat membuat partisi pada Disk Management ini, tiga partisi pertama yang dibuat akan terformat sebagai primary partition. Mulai partisi keempat, masing-masing partisi akan dikonfigurasi menjadi logical drive dalam extended partition. Berikut langkah-langkah mempartisi pada Windows Vista:
a.    Buka Computer Management yang terletak di Administrative Tools pada Control Panel.
b.    Pada Navigation Pane, pilih Disk Management.
c.    Klik kanan pada bagian yang belum teralokasi atau belum digunakan pada hard disk, lalu klik New Simple Volume.
d.    Pada New Simple Volume Wizard, pilih Next.
e.     Ketikkan ukuran partisi yang akan dibuat dalam megabytes (MB) atau pilih maximum default size, kemudian klik Next.
f.    Pada Format Partition dialog box, lakukan salah satu perintah berikut:
•    Jika tidak ingin memformat partisi sekarang juga, klik Do not format this volume, lalu tekan Next.
•    Untuk memformat partisi dengan settingan awal (default settings), klik Next.
g.    Periksa pilihan yang telah dilakukan, dan klik Finish.

BAB III
SIMPULAN

3.1 Simpulan
Berdasarkan kajian tentang cara mempartisi hard disk pada Windows Vista dapat disimpulkan:
1)    Partisi atau yang biasa disebut volume adalah sebuah area pada hard disk yang bisa diformat dengan file system dan diidentifikasi dengan sebuah huruf alfabet.
2)    Hard disk adalah alat penyimpanan utama yang terletak dalam sebuah komputer.
3)    Windows Vista™ adalah sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft Corporation dan dirilis pada awal tahun 2007.
4)    Windows Vista memiliki fitur partisi hard disk yaitu yang terletak pada Disk Management. Dengan fitur ini, partisi hard disk pada Vista sangat mudah dilakukan seperti yang telah dijelaskan pada bab pembahasan.

 3.2 Saran
    Berdasarkan simpulan di atas, disarankan kepada:
1.    Para pengguna Windows Vista untuk lebih mengenal fitur-fitur yang ada dalam Vista, hal ini bisa dilakukan dengan mengakses Help and Support pada Vista.
2.    Produsen Windows Vista untuk membuat media-media yang lebih lengkap dan  memudahkan para pengguna untuk menjelajahi Vista.
3.    Para Mahasiswa TI agar ikut andil dalam menjelajahi fasilitas-fasilitas yang ada pada Vista dan mengenalkannya kepada masyarakat.
[Mukhlish muchad Fuadi: 3rd Semester 2007]



Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *