Tanpa Alasan

Tanpa Alasan seperti Tanpa Daya

Kemarin lusa muchad mecoba nostalgia film-film lama. muchad mendownload film trilogi Matrix. Film yang cukup menarik apalagi kalau kita amati setiap ungkapan tentang dunia matrix ini. Kalau kita kaitkan dengan kehidupan kita saat ini, film ini benar-benar sarat dangan makna filosofis tentang bagaimana kita memahami konsep dibalik kahidupan ini. Meski mungkin ada beberapa ungkapan yang bertentangan dengan kita tapi setidaknya ungkapan tersebut cukup menarik untuk kita kaji atau sekedar pembanding terhadap pemahaman kita tentang dunia ini.

Tidak membahas makna filosofis The Matrix, muchad kali ini hanya menukil sebuah ungkapan yang menarik. Ungkapan ini diulang berkali-kali dalam scene trilogi The Matrix tapi dengan kata yang berbeda-beda dan diucapkan oleh beberapa tokoh. Dengan kata sederhana, ungkapan itu muchad rangkum dalam beberapa kata: “Tanpa Alasan seperti Tanpa Daya”, ini versi muchad sendiri lho ya ^_^

Kalau kita terjemahkan (diterjemahin kemana?!, kan dah bahasa Indonesia he..2x), kata tersebut memaksa kita untuk selalu memiliki tujuan dalam melakukan apapun karena bila tanpa alasan seolah tidak ada dorongan yang kuat untuk menggapainya. Dan kalau kita merujuk kepada kitab suci, Tuhan pun memiliki tujuan dalam menciptakan semesta ini, manusia pun hidup diharuskan memiliki tujuan.

Dengan “alasan” (tujuan) inilah kita bisa selalu berada dijalan yang sesuai dengan yang kita inginkan sehingga nantinya puncak impian yang kita citakan kan teraih.

muchad-Mukhlish Fuadi, Rusyd 3rd floor-110208 5:08

Facebook comments:

Leave a Comment

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *