Sistem Informasi Perkreditan Sepeda Motor

muchad
Gaji yang terbatas bukan masalah lagi untuk memenuhi kebutuhan sekunder atau pun tersier di zaman seperti sekarang ini. Banyak toko-toko yang menyediakan layanan kredit sehingga kesempatan masyarakat untuk berbelanja lebih besar. Instansi berembel-embel finance maupun koperasi banyak bermunculan dan berlomba-lomba meraih pangsa pasar yang satu ini.

Di antara program kredit yang paling banyak diminati masyarakat adalah kredit sepeda motor. Akhir-akhir ini banyak program kredit yang menawarkan bunga ringan, syarat mudah dan jangka pembayaran yang lebih lama, bahkan ada yang menawarkan uang muka hanya Rp.100.000, tanpa survey dan langsung bisa membawa pulang motor yang diminati. Iming-iming yang menggiurkan ini tentu saja memperbanyak transaksi kredit dan untuk memudahkan proses transaksi yang biasanya berlangsung hingga tahunan ini diperlukan manajemen yang baik.

Untuk itu dalam pengelolaannya diperlukan database yang berisi data-data para peserta kredit, program yang diikuti, cara transaksi dan data transaksi setiap bulan termasuk didalamnya sistem yang menertibkan peserta kredit yang tidak melakukan ketentuan sebagaimana semestinya.  Kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan dalam transaksi ini sehingga sistem informasi yang baik dan benar memegang peranan penting agar dapat melayani pelanggan secara profesional tanpa menimbulkan kerugian baik bagi penyedia layanan kredit sendiri maupun peserta kreditnya.
[Mukhlish muchad Fuadi: 3rd Semester 2007]

Maaf muchad tidak posting semua Sistem Informasinya (sebenarnya lengkap meliputi seluruh fase) karena kebanyakan datanya berupa tabel, bila teman-teman tertarik silahkan comment nanti muchad upload PDFnya dan link-nya saya kirim ke email Anda, terima kasih.