Script PHP untuk Mendeteksi Browser HP

Recommended by 47 people
. in Tutorial, web . 3 min read
Recommended by 47 people

Saat ini kebanyakan orang mengakses internet tidak hanya dari PC atau laptop tapi juga dari Handphone, entah itu berbasis Android, Blackberry, Symbian atau sekedar HP biasa yang menyediakan GPRS disertai dengan browser bawaan atau dengan Opera Mini. Nach apa yang terjadi dengan website kita bila diakses dengan HP? Kemungkinan besar berantakan karena desainnya diset untuk desktop atau monitor yang berukuran besar, bukan monitor kecil seperti di HP. Dan yang pasti akan sangat berat diakses lewat HP bila banyak gambar atau animasi yang ada di website kita tersebut. Lantas bagaimana solusinya?

Sebagian website, ada yang langsung menyediakan link untuk pengunjung sesuai dengan device yang digunakan. Contohnya kapanlagi.com. Bila menggunakan laptop atau PC sebaiknya langsung mengunjungi alamat tersebut agar bisa menikmati seluruh fitur dan gambar yang menarik, tapi bila menggunakan mobile alias HP disarankan untuk mengunjungi m.kapanlagi.com agar lebih ringan meski dengan tampilan yang sederhana dan dengan fitur yang terbatas.

Bisa tidak kita membuat website yang secara otomatis mengarahkan pengunjungnya? Bila menggunakan PC maka tampilan dan fiturnya full, tapi bila menggunakan mobile atau hp otomatis ke tampilan sederhana?

Untuk teman-teman yang menggunakan bahasa pemrograman PHP, kita bisa membuat script PHP yang berguna untuk mendeteksi browser yang mengunjungi website kita. Di internet pun banyak tersedia source code untuk mendeteksi browser ini. muchad telah beberapa kali mencoba berbagai script untuk mendeteksi mobile browser ini tapi sebagian besar diantaranya gagal, kadang di PC bisa tapi di HP tidak bisa atau sebaliknya atau di HP atau PC tampilannya sama saja. Tidak hanya itu muchad juga mencoba dengan CSS, di CSS tu ada setting untuk media, yaitu:

Screen : untuk PC, laptop

Print : untuk cetak print

Handheld : untuk browser HP/mobile

Tapi tetap dia tidak bisa membedakan browser.

Nach akhirnya muchad menemukan juga source pendeteksi mobile browser yang bagus, yang berhasil di PC dan berhasil pula di HP muchad yang berbasis Symbian (Nokia 6120c). muchad akan share script tersebut dan silahkan teman-teman coba di HP masing-masing, kalau ada HP yang tidak support silahkan comment.

Untuk melihat hasilnya silahkan kunjungi alamat ini http://demo.muchad.com

silahkan kunjungi melalui PC atau laptop, dan kunjungi pula melalui browser HP teman-teman sekalian.

Isi website tersebut baik dari PC maupun HP adalah sama, yang berbeda hanya CSS-nya alias desainnya saja. Jika di PC lebih kompleks, sebaliknya di HP hanya sederhana saja.

Untuk script PHP pendeteksi browser HP tersebut silahkan download di sini:

[Download not found]

Untuk menggunakannya:

[php]

include(“Mobile_Detect.php”);

$detect = new Mobile_Detect();

if ($detect->isMobile()) {

// lakukan kebutuhan Anda di sini, baik di-redirect ke alamat lain atau menggunakan CSS tertentu

}

[/php]

Semoga bermanfaat, silahkan diskusi di sini.



Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *

muchad.com Comments List
muchad.com comments

wah makasi udah buatin script. saya akan mencoba script tersebut agar web saya bisa diakses lewat hape.
saran buat situsnya: jangan kebanyakan efek cos laptop saya jadi lemot 🙁

    muchad.com comments

    Sama2 gan,sory tuk website utma ni emg sngja optimasi animasi n dsain

muchad.com comments

maksud nya gmna gan yg bagian // lakukan kebutuhan Anda di sini, baik di-redirect ke alamat lain atau menggunakan CSS tertentu
}