PENGERTIAN PEMUDA DAN MACAM – MACAMNYA

Secara hukum pemuda adalah manusia yang berusia 15 – 30 tahun, secara biologis yaitu manusia yang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kedewasaan seperti adanya perubahan fisik, dan secara agama adalah manusia yang sudah memasuki fase aqil baligh yang ditandai dengan mimpi basah bagi pria biasanya pada usia 11 – 15 tahun dan keluarnya darah haid bagi wanita biasanya saat usia 9 – 13 tahun.
Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani berbagai macam – macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan.

Di dalam masyarakat, pemuda merupakan satu identitas yang potensial. Kedudukannya yang strategis sebagai penerus cita – cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya.

Macam – macam pemuda dikaji dari perannya dalam masyarakat
1.    Jenis pemuda urakan
Yaitu pemuda yang tidak bermaksud untuk mengadakan perubahan–perubahan dalam masyarakat. Tidak ingin untuk mengadakan perubahan dalam kebudayaan, akan tetapi ingin kebebasan bagi dirinya sendiri, kebebasan untuk menentukan kehendak diri sendiri.

2.    Jenis pemuda nakal
Pemuda-pemuda ini tidak ingin, tidak berminat dan tidak bermaksud untuk mengadakan perubahan dalam masyarakat ataupun kebudayaan, melainkan berusaha memperoleh manfaat dari masyarakat dengan menggunakan tindakan yang mereka anggap menguntungkan dirinya tetapi merugikan masyarakat.

3.    Jenis Pemuda Radikal
Pemuda-pemuda radikal berkeinginan untuk mengadakan perubahan revolusioner. Mereka tidak puas, tidak bisa menerima kenyataan yang mereka hadapi dan oleh sebab itu mereka hadapi dan oleh sebab itu mereka berusaha baik secara lisan maupun tindakan rencana jangka panjang asal saja keadaan berubah sekarang juga.

4.    Jenis Pemuda Sholeh
Pemuda yang dalam setiap tingkah lakunya sehari – hari selalu berpegang teguh terhadap agamanya. Melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
[Mukhlish muchad Fuadi: 3rd Semester 2007]

Facebook comments:

4 Comments

  1. nakano michiyo says:

    terima kasih atas infonya..

Trackbacks/Pingbacks

  1. bobbyantarestio » Blog Archiv » Tugas ISD Pemuda & Sosialisasi - [...] http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html [...]
  2. Pemuda dan Sosialisasi « ahmadervan - [...] Sumber :http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html [...]
  3. BAB IV- PEMUDA DAN SOSIALISASI « nuraris - [...] Sumber :http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html [...]
  4. risanputtra - [...] http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html [...]
  5. PEMUDA DAN SOSIALISASI | farizes - [...] http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html [...]
  6. TUGAS ISD PEMUDA DAN SOSIALISASI « kreasi sendiri - [...] http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html [...]
  7. pemuda dan sosialisasi « rismanmhmmd - [...] http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html [...]

Leave a Comment

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *