MERUBAH WINDOWS 7 JADI ARABIC

Recommended by 4 people
muchad
Recommended by 4 people

Dua bulan yang lalu seorang teman dari Sudan tiba di Malang, beliau adalah Abdal Monem putra dari salah satu dosen Sudan yang mengajar di UIN MALIKI Malang. Beliau tinggal di kompleks Ma’had Sunan Ampel Al-Ali UIN Malang yang kebetulan muchad juga tinggal di situ. Suatu ketika beliau sedang online di halaqoh ma’had, ternyata ada masalah dengan laptopnya. Muchad yang kebetulan mengisi training Cara Membuat Website untuk para musyrif/ah (pembina di ma’had) di tempat yang sama tersebut langsung diminta untuk cek laptopnya..bismillah, sekilas cek dan alhamdulillah beres.

Akhi (sebutan saudara untuk bahasa Arab) Abdal Monem ini menggunakan Windows Vista dan asyiknya Vista-nya itu yang arabic version, ya karena beliau belinya di Sudan ^_^ Nach gara-gara lihat Windows dengan tampilan Arab ini muchad jadi ingat waktu ustadz-ustadz muchad dulu yang pakai XP Arabic Version, akhirnya kepingin juga bernostalgia dengan tampilan Arab. Sayangnya di sini belum ada yang punya Vista Arabic Version apalagi Seven Arabic Version, tapi santai..masih ada cara lain untuk mengubah Seven kita jadi Arabic. Nach ni yang kita bahas yang Seven saja ya, kebetulan muchad gi pakai Seven, nanti silahkan comment untuk diskusi lebih lanjut untuk yang di Vista atau XP. Gini ceritanya..

Cari Arabic..
Microsoft telah merilis MUI (Multilingual User Interface), paket bahasa untuk Windows 7. Nach untuk bisa memperoleh paket bahasa ini kita bisa langsung update Windowsnya secara online, nanti ada pilihan untuk update paket bahasanya. Cara lain kita bisa langsung cari file paket bahasa yang kita mau di internet, download dan kemudian install.
muchad pakai cara yang kedua. muchad cari-cari di google dan website Microsoft, menemukan banyak link tapi ternyata ada yang korup, prosedurnya berbelit huff..hingga akhirnya menemukan file yang layak pakai dan sudah muchad coba. Nach ni filenya, langsung teman-teman download:

WINDOWS 7 MUI LANGUAGE PACK ARABIC

File ini adalah MUI Language Pack buat yang Arabic untuk Windows 7, silahkan download kalau sudah langsung klik dua kali dan terjadilah proses instalasi.

Instalasi..
Untuk instalasi cara manual bisa langsung masuk ke Control Panel > Region and Language, pilih tab Keyboards and Languages lalu pilih Install/uninstall languages. Nach pilih Browse Computer or Network dan arahkan ke file yang sudah kita download tadi, langsung saja install, proses instalasinya agak lama so sabar ya. Nach untuk mengaktifkan Arabic-nya langsung masuk kembali ke Control Panel > Region and Language, pilih tab Keyboards and Languages lalu pilih bahasa yang dikehendaki di Choose a display language. Jadi dech. Sevennya jadi Arabic.


Nach nanti kalo dah jadi Arabic jangan kikuk ya karena Start Menu jadi disebelah kanan he..2x, met sukses.