Lebih Peka

Recommended by 38 people
. in Video, Reflection . 3 min read
Recommended by 38 people

Menjalani hidup seperti biasanya, menjalani rutinitas tanpa ada hal baru, tanpa perhatian pada hal tertentu secara berbeda. Seperti ini yang mungkin sering kita alami, tapi ingat tidak saat kita dekat dengan seseorang. Misal kita sedang suka dengan seseorang bernama Rona, tiba-tiba seolah nama Rona itu muncul di mana-mana, entah nama toko di jalan atau nama artis di tv. Pastinya Rona muncul di mana-mana, kenapa bisa? Padahal, sebelum mengenal Rona, sehari-hari kita melalui jalan itu-itu saja dan tidak menyadari (mungkin melihat tapi tak ‘tertangkap’) ada beberapa tulisan Rona. Tapi begitu mengenal Rona, seolah kita berjodoh dengannya, karena ke mana pun kita memandang selalu melihat tanda-tanda dia. Apakah benar ini tanda-tanda bahwa berjodoh dengan Rona?

 

Tanpa ada trigger, pemicu…kita mungkin tidak memanfaatkan sepenuhnya kinerja otak kita, mungkin karena hal-hal yang biasa kita lihat tidak perlu perhatian lebih atau tidak penting sehingga otak kita pun mengabaikannya. Mungkin inilah jawaban kenapa seorang intel atau agen itu konon bisa mengingat seluruh wajah orang yang ditemui, minimal dapat mengingat di mana dia pernah bertemu wajah tersebut. Ya karena mereka benar-benar mengaktifkan ‘perhatian’-nya karena itu sangat penting untuk tugas dan pekerjaan mereka. Buat kita, buat apa susah-susah hafalin setiap yang kita lihat, apa pentingnya buat kita…tapi bisa jadi hal sederhana seperti ini sangat bermanfaat. Misal, bila kita selalu ‘peka’ dan ‘perhatian’, kita akan mudah mencari sesuatu yang kita butuhkan, misal pada suatu saat ban motor kempes di jalan, ingatan kita muncul dan memberi tahu kalau tidak jauh dari situ kita pernah lihat tempat tambal ban.

 

Gara-gara hal sederhana yang biasanya tidak kita perhatikan, kadang pada saat membutuhkan kita harus keliling-keliling mencari barang yang kita butuhkan ke mana-mana, padahal sebenarnya ada yang menjualnya di dekat rumah kita, parahnya kita juga pernah melihatnya, namun saat membutuhkan kita benar-benar lupa hehe.

 

Terus apa hubungannya dengan Jason Bourne? The Bourne adalah film favorit muchad, cerita spionase yang sangat menarik mulai The Bourne Identity, The Bourne Supremacy, The Bourne Ultimatum, The Bourne Legacy (untuk yang ini muchad kurang suka) yang sedikit banyak memberi tahu kita cara kerja seorang agen atau intel. Mungkin kita bisa belajar beberapa hal esensial di film Bourne ini, termasuk yang kita bahas di atas.

Ya, tulisan ini bukan tentang film meski ada trailer film Jason Bourne di atas, kalau belum pernah tahu Jason Bourne kunjungi websitenya di jasonbournemovie.com dan nantikan film seri ke-5 nya ini di akhir Juli.

 



Other stories written by muchad
Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *