DOA SEHARI-HARI

Recommended by 36 people
. in Tutorial . 2 min read
Recommended by 36 people
Kemarin teman-teman musyrif (pendamping santri di ma’had) rapat, membahas tentang persiapan ujian untuk para santri. Sudah gawe rutin setiap semester, namun kali ini agak berbeda karena ada ujian praktik sehingga memaksa teman-teman musyrif untuk kerja ekstra. Pada rapat kemarin disampaikan bahwa pihak ma’had telah menyusun buku penilaian untuk seluruh doa atau simulasi yang perlu dipraktikkan oleh santri, dalam buku tersebut ada dua puluh poin yang harus dikuasai oleh santri mulai dari doa masuk rumah sampai praktik merawat jenazah. Biar ujian praktik berjalan lancar dan dapat sesuai dengan kondisi musyrif dan santri yang ada di sini, muchad mengusulkan agar dibuat sistem penilaian seperti waktu kita pramuka dulu (kalau tidak salah dulu nama bukunya SKU ya? Upz, dah lupa ^_^ ). Untuk bisa lulus dalam tingkat tertentu kita diharuskan untuk memperoleh tanda tangan pada beberapa poin yang telah disyaratkan.

Ide ini disepakati namun beberapa teman mengusulkan agar dibuat pula buku atau oret-oretan buat pedoman musyrif, mungkin saja ada beberapa materi yang musyrifnya agak lupa he..2x. Forum menyepakati usulan ini sehingga 20 musyrif yang ada di sini masing-masing bertanggung jawab untuk menyusun jawaban satu poin materi praktik. Ternyata muchad kebagian tentang doa-doa, nach ni tadi seusai dari kantor langsung muchad ketik doa-doa yang sudah biasa diucap ini namun agar tidak salah muchad cek kembali dengan beberapa kitab. Ni kebetulan laptopnya gi OL, sayang kalo tidak sekalian ditaruh di internet he..2x.

Doa setelah adzan

اللهم ربّ هذه الدعوة التّامّة والصلاة
القائمة آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محمودا الذي وعدته.

Doa setelah wudlu

أشهدأن لا إله إلا الله، وأنّ محمدا عبده
ورسوله، اللهم اجعلني من التّوّابين، واجعلني من المتطهّرين.

Doa masuk WC

اللهم إني أعوذبك من الخبث والخبائث.

Doa keluar WC

غفرانك الحمد لله الذي اذهب عني الأذى
وعافاني.

Doa masuk Masjid

ربّ اغفرلي ذنوبي وافتح لي أبواب رحمتك.

Doa keluar Masjid

اللهم إني أسألك من فضلك.

Doa masuk rumah

السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين.
اللهم انى اسألك خيرَ الموْلَجِ وخيرَ المخْرجِ بسم الله ولَجْنا وبسم الله خرَجْنا
وعلى الله توكّلنا الحمدلله الذي اَوَاني.

Doa keluar rumah

بسم الله توكلت على الله ولا حول ولا قوة
إلا بالله.



Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *

muchad.com Comments List
muchad.com comments

kemaren waktu rapat di ma’had tentang ujian tadzhib, ami juga inget waktu SMA, dimana kalo mau lu2s bantara dan laksana harus lu2 SKU,,,

mudah2an tutorialx bermanfaat dan ilmunya mahasantri juga g berhenti untuk ujian ja, tapi di aplkasisan di kehidupan sehari-hari dan menjadi bekal dimanapun mereka tinggal setelah ini….
^_^

muchad.com comments

syukron katsirra ya akhi… bermanfaat bwt ujian saya….