Cara Membangun Website E-Commerce

Recommended by 90 people
. in Tutorial, web . 2 min read
Recommended by 90 people

Tulisan ini merupakan bagian (pertemuan kedua) dari materi yang muchad sampaikan pada Pesantren Kilat Ramadhan 2016, yang merupakan kelanjutan dari Cara Cepat Membuat Website Di Hosting Gratis. Mohon maaf banget, kali ini muchad belum sempat membuat panduan secara mendetil karena kebetulan load pekerjaan lain sedang tinggi hehe. Doakan nantinya muchad sempat menyusun panduannya secara detil dan step by step seperti pada pertemuan pertama. Jadi, saat ini muchad hanya cantumkan beberapa link yang akan menjadi pendukung materi untuk training.

 

Setelah pada pertemuan pertama para peserta telah berhasil memiliki website yang berbasis WordPress di hosting gratis (karya peserta bisa dilihat di bagian komen posting ini), pada pertemuan kedua kali ini muchad akan menyampaikan tentang cara memanfaatkan WordPress sebagai media untuk jual beli atau berbisnis (e-commerce). Harapannya nanti dapat mempermudah para peserta bila ingin terjun ke dunia wirausaha atau entrepreneur dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

Untuk menjadikan website kita yang berbasis WordPress menjadi website yang siap untuk membantu transaksi jual beli, kita memerlukan plugin e-commerce. Untuk training kali ini, kita akan menfaatkan plugin-plugin berikut:

 

WooCommerce
Plugin ini untuk menambahkan fitur e-commerce pada website kita.

 

WooCommerce JNE Shipping
Plugin ini sebagai penunjang shipping atau pengiriman paket menggunakan JNE untuk plugin WooCommerce di atas, mengingat JNE cukup populer sebagai penyedia jasa pengiriman di Indonesia. Untuk data sampel biaya pengiriman JNE dapat di download di sini:

Download

 

Link download tersebut berisi hanya beberapa kota yang merupakan sampel untuk pelatihan, untuk data yang lengkap dapat dicari di Google atau download di downloadongkoskirim (muchad tidak bertanggungjawab atas kevalidan data yang tersedia di website tersebut).

 

Untuk detil instalasi dan penggunaannya akan muchad sampaikan langsung di training (bagi yang ingin mengikuti training bisa lihat bannernya di sini, training sepenuhnya gratis), mohon maaf sekali belum sempat menyusun panduannya, semoga nanti bisa menyusul. Happy ramadhan..

 



Other stories written by muchad
Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *