BATTERY ALARM DAN CARA MERAWAT BATERAI

Recommended by 54 people
. in Tutorial . 2 min read
Recommended by 54 people
Teman-teman sering mengeluhkan masalah baterai pada laptop, mereka khawatir baterainya akan segera drop karena sebagian teman-teman sudah mengalaminya. Mereka sering bertanya-tanya bagaimana cara merawat baterai yang baik. Kalau yang muchad tahu dari teman-teman teknisi, mereka bilang seperti ini:
Kalau baterainya pengen awet kita boleh saja melepas baterai dan langsung menggunakan listrik melalui charger laptop kita. Tapi untuk cara ini, pastikan listrik di tempat kita stabil. Kalau sering mati sebaiknya tidak menggunakan cara ini karena resikonya nanti bisa-bisa hardisk kita yang rusak, bahkan hardware-hardware yang lain. Cara ini cocok untuk teman-teman yang jarang mobile, tinggal di rumah yang punya listrik stabil, dan menggunakan laptop jarang tapi kalau lagi pakai biasanya dalam durasi waktu yang lama. Oya jangan lupa untuk menyimpan baterai dengan baik, jangan sampai di tempat yang suhunya terlampau panas.

Cara yang lain agar baterai laptop awet, paling tidak agak lebih awet dikitlah he..2x yaitu tetap menggunakan baterai tapi waktu pemasangan charger dimenej dengan baik. Cara ini cocok buat teman-teman yang tinggal di kos atau asrama yang listriknya sering mati. Jadi, sewaktu menggunakan laptop, baterai tetap terpasang hanya saja ketika baterai telah mencapai titik kurang lebih 20% langsung tancapkan chargernya. Nach ketika sudah 100% chargernya langsung di lepas. Hal ini dimaksudkan agar baterai tidak cepat aus. Nach muchad melakukan cara yang ini, karena kalau tidak pakai baterai bisa-bisa laptop ini mati 10 kali dalam sehari he..2x padahal laptop ini hampir 24 jam ON terus.

Kalau di laptop kan biasanya ada keterangan atau alarm kalau baterainya mau habis tapi tidak ada keterangan kalau baterai sudah penuh, nach teman-teman sering terlena dengan lupa melepas chargernya padahal sudah 100% . Untuk mengatasi ini teman-teman bisa menggunakan battery alarm, bisa didownload gratis di sini:

Download Battery Alarm

Ini saja dulu ya sudah ditunggu teman-teman sarapan nich, oya kalau ada yang salah atau kurang dari tips ini mohon masukan teman-teman. Terima kasih.



Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *

muchad.com Comments List
muchad.com comments

wah ini nie gan,,,,
mgkin gara-gara sering make laptop disaat listrik g’stabil…
skrg laptop saya sering log off sndri, yg plg sering klo lg dbuat maen game psti laptop q lgsg mati gan…
knp za gan?!
solusinya dunk…kira” hardware apa yg rusak…

    muchad.com comments

    se7 sama mas Muchad…
    ,mungkin itu di masalah lain matinya :
    dulu lapie saya kalo main PES 1 pertandingan langsung mati tanpa kompromi….
    Panasss banget….
    Tapi setelah saya bongkar dan di bersihin alhamdulillah sekarang 11 pertandingan pun lanjut….
    kadang2 malah orangx yang mati duluan….(ketiduran)…..
    hehe….
    kesimpulanx : mungkin kotor sehingga sirkulasi udara buat dinginin processor tidak berjalan baik

    muchad.com comments

    di bongkar aja laptopnya gan… di mungkin pastanya sudah habis. dan kipas internal laptopnya coba dibersihkan.. dan di kipasnya di setting nyala terus ,,, dijamin gak akan mati lagi..

muchad.com comments

pas langsung mati tu pas gi pake baterai ato listrik?
coba jg kalo pake listrik tanpa baterai? kalo msh mati mendadak, kmungkinan mslahx bukan di baterai..so perlu analisa lain tuk tahu hardware mana yg jd mslh. coba dulu gan..moga ga parah..

muchad.com comments

itu untuk Windows 7,
klo Battery Alarm buat windows XP ada ga?
Thk,

muchad.com comments

numpang tanya,, baterai kan memiliki suatu yang namanya life cycle.
*life cycle : siklus umur. *sumber : http://www.batterywholesale.com/batterylife.html
nah, setiap kali baterai di cash maka umurnya akan berkurang 1 demi 1.
untuk sebuah baterai biasnya life cyclenya sekitar 500-800 *sumber : pembicaraan.
kalau misal kita ambil tengah” dari life cycle 650, dan sehari kita mengecash sekitar 10 kali, maka dalam 65 hari baterai akan mulai nedrop.
itu bagaimana solusinya?

kalau beli baterai baru pastinya akan mahal, apa lagi hanya mengganti cellnya.
trims