Baru dan Disukai

Recommended by 55 people
. in Featured, Reflection . 6 min read
Recommended by 55 people

[box type=”info”]Membuat Sesuatu yang Baru & Disukai oleh Banyak Orang itu Susah[/box]

Like This!

Judul posting ini sudah beberapa hari lalu tampil di muchad.com, tapi tanpa isi he..2x. Ni sekalian nunggu download Trilogi The Matrix muchad sempatkan tulis tentang judul ini. Pada kesempatan kali ini muchad coba hubungkan dengan ingatan muchad tentang dunia teknologi, sebuah materi yang sangat muchad minati. Hampir semua ensiklopedi tentang teknologi di perpus SMP & SMA sudah muchad lahap, terima kasih buat Kweek School. Kalo ada ingatan yang salah mohon diingatkan ^_^

Chapter Satu
Sesuatu yang baru, sulit dan tentu saja amat mahal. Banyak hal-hal baru disekitar kita yang kita tidak tahu siapa penemunya atau kita mengetahui bahwa penemu tersebut kini menjadi kaya raya atau namanya akan dikenang sepanjang masa. Sesuatu yang baru bisa saja muncul dari ide, riset, atau bahkan ketidaksengajaan. Ketidaksengajaan? yang benar saja? Ya ada banyak penemuan berharga yang ditemukan secara tidak sengaja, sebut saja Charles Goodyear, Wilhelm Conrad Rontgen.

Good Year, sebuah nama yang tidak asing bagi orang seluruh dunia, ban yang sangat populer ini ditemukan oleh Charles Goodyear secara tidak sengaja ketika menjatuhkan segumpal karet dengan sulfur secara bersamaan ke kompor panas yang ternyata karet dan sulfur itu mampu bereaksi dan menjadi bahan yang tahan panas dan dingin. Rontgen, nama ini pasti sering kita sebut ketika ada teman kita yang patah tulang hi… Wilhelm Rontgen melakukan riset tentang sinar katode, nach dia ingin agar bisa melihat sinar katode keluar dari tabung kaca yang tertutup oleh karton hitam meskipun dia tahu kalau ini mustahil tapi ternyata dia menemukan sesuatu yang luar biasa dari situ. Beruntung ya jadi orang hebat dari ketidaksengajaan he..3x.

Kembali ke judul kita..

Sesuatu yang baru, tidak musti sesuatu yang rumit bahkan seringkali sesuatu yang sederhana, sesuatu yang benar-benar kita butuhkan atau sesuatu yang memang memudahkan kita. Misal, karena gelap kita butuh penerangan..akhirnya Thomas Alfa Edision melakukan penelitian untuk menemukan sebuah lampu. Atau yang lebih sederhana, mungkin teman-teman pernah lihat acara TV yang isinya promo barang-barang sederhana tapi canggih seperti setrika yang bisa vertikal, alat masak yang serbaguna..dan kawan-kawan dech. Sederhana banget sampai kadang-kadang kita bertanya pada diri kita: “kenapa bukan saya saja penemunya?”.

Ide yang sederhana dan orisinil inilah yang luar biasa. Konsep ini pula yang muchad gunakan ketika ada tugas-tugas dari dosen tentang pembuatan program, hingga skripsi pun muchad juga ingin sesuatu yang baru (muchad TasHeeH) walhasil hasil kerja keras kita akan lebih diapresiasi.

Namun ini semua tidak mudah, menemukan ide untuk membuat sesuatu yang baru itu..susah. Sederhanaya saja, membuat judul tulisan yang keren, unik, n belum pernah ada sebelumnya saja “susah” he…2x. Akhirnya banyak orang yang jiplak atau sekedar memodifikasi. Oleh karena itu, mari kita hargai ide dari orang-orang di sekitar kita yang luar biasa. Mungkin pertama mendengar ada ide yang terdengar bodoh, tapi ketika berjalan banyak orang terkagum-kagum. Masa’ ada yang seperti itu? Ada, misalnya Wikipedia. Awalnya ensiklopedi online terbesar ini hanya menjadi bahan ketawaan, ga tahunya sekarang menjadi raksasa.

Chapter Dua
Disukai oleh banyak orang..wuich apalagi ini. Sudah susah-susah membuat sesuatu yang baru ternyata banyak orang tidak suka. Ketika menyebut kata “suka” vs “tidak suka” pikiran kita langsung menuju sebuah pintu diantara pintu-pintu di otak kita. Pintu tersebut terbuka dan tertulis di dalam bilik itu sebuah tulisan: “Suka itu kan relatif”.

Ya masing-masing orang memiliki minat yang berbeda. Oleh karena itu, ketika kita membuatkan sesuatu untuk orang lain ada baiknya (diwajibkan juga boleh) kita sejenak menjadi dokter yang menginterogasi (kayak Pak Wajib aja) pasiennya. muchad biasanya juga gitu, bila ada yang pesan desain langsung muchad tanyakan warna kesukaan orangnya atau mungkin dominasi warna logo lembaganya apa dan lain sebagainya.

All Chapter
Inti dari “Membuat Sesuatu yang Baru” dan “Disukai oleh Banyak Orang” itu susah. Namun, jangan karena susah ini kita jadi tidak berkreasi, malah sebaliknya kita terus mencari inspirasi dan inovasi. Bila perlu membaca buku psikologi atau grafis tentang karakter orang, psikologi warna sehingga ini nanti membantu kita membuat sesuatu yang disukai oleh banyak orang. Semoga bermanfaat, wach gara-gara nulis ini jadi terlambat ke masjid…peace ya Allah muchad sholat di kamar ya..

muchad, Rusyd 3rd floor-020511 18:28



Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *