An-Nuur 35

Recommended by 22 people
. in Ayat of The Day . 3 min read
Recommended by 22 people

Allah is the Light of the heavens and the earth. The Parable of His Light is as if there were a Niche and within it a Lamp: the Lamp enclosed in Glass: the glass as it were a brilliant star: Lit from a blessed Tree, an Olive, neither of the east nor of the west, whose oil is well-nigh luminous, though fire scarce touched it: Light upon Light! Allah doth guide whom He will to His Light: Allah doth set forth Parables for men: and Allah doth know all things.

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Sore ini muchad capek sekali jadi ketiduran, sholat asharnya jadi kesorean. Pas bangun tidur muchad pengen sekali menulis “Ayat of The Day” dan mengangkat surat An-Nuur 35. Selesai mandi dan sholat ashar, saat muchad akan naik ke atas kasur dan duduk di depan laptop ternyata murottal yang terdengar melalui speaker Masjid Tarbiyah melantunkan: “Nuurun alaa nuur”.

Cahaya di atas cahaya, itu adalah bagian dari surat An-Nuur ayat 35. Ayat ini benar-benar indah, meski agak sulit dilafadzkan tapi terasa enak dilidah, apalagi bila dibaca maknanya, keren sekali. muchad sudah sejak kecil membaca Al-Qur’an namun benar-benar mengenal ayat ini tepat pada ramadhan. Saat itu muchad masih SMP, entah kelas berapa..tapi kalau tidak salah kelas 1.

Berkenalan dengan ayat Al-Qur’an? Ada-ada aja muchad ini ^_^
Ya, muchad mengenal ayat ini pada keadaan yang tidak disangka-sangka, tidak perlu muchad ceritakan di sini. Setelah mengenal ayat ini muchad coba telusuri, ternyata banyak buku yang secara khusus membahas satu ayat ini. muchad belum tahu buku apa saja itu, tapi kata teman-teman muchad demikian.

Tentu ayat ini memiliki keutamaannya tersendiri, buat Anda yang belum pernah membacanya..coba lantunkan perlahan dan baca maknanya, Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki…



Recommended stories
Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *