Month: July 2010

UIN di Sore Hari

Recommended by 44 people
. in albumme, Reflection . 35 sec read

UIN di Sore Hari

Hampir setiap sore muchad melalui megahnya gedung-gedung UIN Malang, dari gedung kuliah menuju gedung Ma’had dan ketika ada momen indah Nokia 6120c selalu ingin mengerdipkan mata untuk mengabadikannya. Salah satunya “indahnya tower dan masjid UIN Malang di sore hari”. Gambar ini muchad ambil tanggal 21 kemarin, meski dengan kamera hp sederhana semoga tetap bisa menjadi… Read more »

DALIL SYAR’I (Bag. 3) : Istishhab

Recommended by 40 people
. in Tutorial . 8 min read

DALIL SYAR’I (Bag. 3) : Istishhab

a.    Pengertian IstishhabSecara etimologi, istishhab berarti “minta bersahabat” atau “membandingkan sesuatu dan mendekatkannya.” Secara terminologi, ada beberapa definisi istishhab yang dikemukakan para ahli ushul fiqh.1.    Imam Al-Ghazali, mendefinisikan istishhab dengan: “Berpegang pada dalil akal atau syara’, bukan didasarkan karena tidak diketahui adanya dalil, tetapi, setelah dilakukan pembahasan dan penelitian cermat, diketahui tidak ada dalil yang… Read more »

DALIL SYAR’I (Bag. 2) : Al-Maslahah Al-Mursalah

Recommended by 37 people
. in Tutorial . 8 min read

DALIL SYAR’I (Bag. 2) : Al-Maslahah Al-Mursalah

a.    Pengertian Al-Maslahah Al-MursalahSecara etimologi, maslahah sama dengan manfaat, baik dari segi lafal maupun makna. Maslahah juga berarti manfaat atau suatu pekerjaan yang mengandung manfaat. Secara terminologi, terdapat beberapa definisi maslahah yang dikemukakan ulama ushul fiqh, tetapi seluruh definisi tersebut mangandung esensi yang sama. Imam Al-Ghazali, mengemukakan bahwa pada prinsipnya maslahah adalah “mengambil manfaat dan… Read more »

DALIL SYAR'I (Bag. I) : ISTIHSAN

Recommended by 47 people
. in Tutorial . 7 min read

DALIL SYAR'I (Bag. I) : ISTIHSAN

1.    Istihsana.    Pengertian IstihsanSecara etimologi, istihan berarti “Menyatakan dan menyakini baiknya sesuatu”. Dan secara terminologi ulama ushul, istihsan adalah sebagai berikut:a)    Menurut Al-Ghazali dalam kitabnya Al-Mustashfa juz I: 137, “Istihsan adalah semua hal yang dianggap baik oleh mujtahid menurut akalnya.”b)    Al-Muwafiq Ibnu Qudamah Al-Hambali berkata, “Istihsan adalah suatu keadilan terhadap hukum dan pandangannya karena adanya… Read more »

DALIL SYAR'I UNTUK HUKUM AMALIAH

Recommended by 39 people
. in Tutorial . 1 min read

DALIL SYAR'I UNTUK HUKUM AMALIAH

Meski jurusan Teknik Informatika, muchad memperoleh juga matakuliah keislaman, diantaranya Studi Fiqh. Nach ini makalah tentang dalil syar’i yang muchad susun bersama teman-teman untuk tugas makalah tersebut, oya maaf gambar ilustrasinya agak cupu : ) Kami mengawali bab pembahasannya seperti ini: Telah ditetapkan dengan suatu ketetapan bahwa dalil syar’i yang dipergunakan oleh hukum amaliah itu,… Read more »

DATABASE AND DATA PROCESSING

Recommended by 37 people
. in Tutorial . 2 min read

DATABASE AND DATA PROCESSING

This is my resume for english lesson in 3rd semester, the chapter is about database.1. DatabaseDatabase is any collection of data organized for storage in a computer memory and designed for easy access by authorized users. The function of database is organized for storage any collection of data. The kind of data form in database… Read more »

WARGA NEGARA

Recommended by 46 people
. in Tutorial . 2 min read

WARGA NEGARA

Warga negara adalah penduduk yang sepenuhnya dapat diatur oleh pemerintahan negara tersebut dan mengakui pemerintahannya sendiri.Warga negara memiliki pengertian atau dapat diartikan dengan orang-orang sebagai bagian dari suatu penduduk yang menjadi unsur negara. Istilah ini dahulu biasa disebut hamba atau kawula negara. Istilah warga negara lebih sesuai dengan kedudukannya sebagai orang merdeka dibandingkan dengan istilah… Read more »

ASAS KEWARGANEGARAAN

Recommended by 43 people
. in Tutorial . 3 min read

ASAS KEWARGANEGARAAN

Dalam menentukan siapa-siapa yang menjadi warga negara, digunakan 2 kriterium, yaitu : 1.    Kriterium kelahiran. Berdasarkan kriterium ini dibedakan menjadi 2, yaitu :a.    Kriterium kelahiran menurut asas keibubapaan atau disebut Ius Sanguinis.                          Seseorang memperoleh kewarganegaraan suatu negara berdasarkan asas kewarganegaraan orang tuanya, dimanapun ia dilahirkan. (Noor, Arifin.1999. Ilmu Sosial Dasar untuk IAIN, STAIN, PTAIS. Bandung:… Read more »

PERILAKU MENYIMPANG DI DALAM MASYARAKAT

Recommended by 43 people
. in Tutorial . 3 min read

PERILAKU MENYIMPANG DI DALAM MASYARAKAT

Tidak bisa dipungkiri, dalam setiap sudut kehidupan mesti ada masalah ataupun konflik apalagi dalam kehidupan sosial masyarakat. Namun apa yang terjadi akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Perilaku menyimpang di masyarakat sudah biasa menjadi etalase di berbagai mass media dengan judul “kriminal”. Kasusnya pun semakin beragam termasuk pelakunya, tidak lagi pejabat, orang yang biasa dianggap “kyai”… Read more »

PERBANDINGAN ANTARA PERUBAHAN SOSIAL DAN PERUBAHAN BUDAYA

Recommended by 50 people
. in Tutorial . 2 min read

PERBANDINGAN ANTARA PERUBAHAN SOSIAL DAN PERUBAHAN BUDAYA

Perubahan SosialPerubahan sosial ialah sebuah transformasi budaya dan institusi sosial yang terjadi dalam jangka waktu yang berterusan serta menghasilkan kesan positif dan negatif. Perubahan sosial merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia… Read more »